Kesehatan merupakan modal seseorang dalam beraktivitas secara produktif. Sementara pada sisi makro, tingkat kesehatan penduduk yang tinggi juga merupakan pemicu pertumbuhan ekonomi. Menyadari pentingnya hal tersebut, tujuan untuk mencapai tingkat kesehatan yang tinggi sebagai bekal membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dicantumkan dalam Visi dan Misi Presiden Tahun 2020- 2024 yang kemudian tertuang dalam berbagai target dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Dalam Statistik Kesehatan Provinsi Aceh Tahun 2022 disebutkan Keluhan kesehatan merupakan salah satu indikator yang dapat menggambarkan kondisi kesehatan masyarakat di suatu wilayah. Selama periode 2021- 2022, penduduk Aceh yang mengalami keluhan kesehatan mengalami kenaikan sebesar 7,75 persen. Indikator lain yang juga sering digunakan sebagai alat untuk mengukur tingkat kesehatan penduduk adalah dengan melihat angka kesakitan atau yang sering disebut dengan morbidity rate. Pada tahun 2022, angka kesakitan penduduk di Aceh rata-rata tercatat sebesar 19,44 persen. Selama periode 2021-2022, tingkat kesakitan yang dialami penduduk lakilaki pada tahun 2021 yaitu sebesar 11,23 persen mengalami kenaikan sebanyak 6,47 persen di tahun 2022 menjadi 17,70 persen. Begitu juga dengan tingkat kesakitan yang dialami penduduk perempuan mengalami kenaikan yaitu dari 13,47 persen naik menjadi sebesar 21,18 persen.

Pembangunan nasional di bidang kesehatan diarahkan untuk peningkatan (promotif), pencegahan (preventif), penyembuhan (kuratif), dan pemulihan (rehabilitatif) yang bersifat menyeluruh dan terpadu. Dalam hal ini peran masyarakat sangat dibutuhkan untuk berpartisipasi dalam program pembangunan kesehatan.

Sesuai Permenkes no 33 tahun 2021 tentang organisasi dan tata kelola Kantor Kesehatan Pelabuhan dimana tugas pokok KKP adalah upaya cegah tangkal keluar dan masukknya penyakit dan atau faktor risiko penyakit di Pelabuhan, Bandara Udara serta Pos Lintas Darat, maka KKP Kelas II Banda Aceh melakukan kegiatan pemeriksaan Kesehatan serta tes deteksi Dini HIV AIDS dan TB di wilker pelabuhanlaut labuhan haji pada hari kamis dan jumat tanggal 27 – 28 Juli 2023.


Adapun sasaran pada kegiatan ini adalah masyarakat Pelabuhan, petugas dan pekerja di Pelabuhan, serta crew ABK dan penumpang pada Pelabuhan labuhan haji yang akan melakukan perjalanan. Pemeriksaan Kesehatan ini dilakukan sebagai Upaya pencegahan dan pengendalian penyakit menular HIV AIDS dan TB di wialayah kerja KKP Kelas II Banda Aceh.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dengan melibatkan lintas sector dan program terkait seperti Kantor Syahbandar, dinas perhubungan dan puskesmas setempat. Pada hari pertama pelaksanaan kegiatan sebanyak 68 orang melakukan pemeriksaan Kesehatan dan survey penyakit TB, sedangkan pada pelaksanaan skrining di hari kedua sebanyak 39 Orang.

Kegiatan ini diharapkan dapat terus dilakukan sebagai Upaya cegah tangkal masuk dan keluarnya penyakit menular di pintu masuk negara, khususnya di wilayah kerja Pelabuhan penyeberangan laut labuhan haji.


LKjIP Tahun 2022

LKjIP Tahun 2021

LKjIP Tahun 2020

LKjIP TAHUN 2019

LKJiP Tahun 2018

LAPORAN TAHUNAN 2022

LAPORAN TAHUNAN 2020

LAPORAN TAHUNAN 2019

LAPORAN TAHUNAN 2018

Profil 2022

PROFIL 2020

PROFIL 2019

PROFIL 2018

PK Tahun 2022

PK Tahun 2021

PK Tahun 2020

PK Tahun 2019

PK Tahun 2018

Rencana Aksi Kegiatan

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengaduan Online

Wistle Blowing System

Tentang Kami

Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas II Banda Aceh merupakan Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kementerian Kesehatan yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Ditjen P2P) yang mempunyai tugas melaksanakan pencegahan masuk dan keluarnya penyakit

Hero of the Month Triwulan IV 2023

Layanan Sinkarkes

SEULAWAH (SURVEILANS EPIDEMIOLOGI KLB/WABAH)

Penyakit Potensial Wabah/KKM yang Ditemukan di KKP Kelas II Banda Aceh

Kunjungan Luar Negeri di PoE KKP Banda Aceh

Indeks Kepuasan Masyarakat

Indeks Kepuasan Masyarakat

Aspirasi dan Pengaduan

Pendaftaran Layanan Vaksinasi Meningitis

Alur Vaksinasi Covid-19

WBS Kementerian Kesehatan

PATUHI PROTKES COVID-19

PATUHI PROTKES COVID-19

WASPADA PENYEBARAN COVID-19

WASPADA PENYEBARAN COVID-19

Pelayanan Vaksinasi Covid-19

Tolak Gratifikasi

Find Us On Facebook

Find Us On Instagram

Alamat Kantor

Statistik Website

banner