Kantor Kesehatan Pelabuham (KKP) Kelas II Banda Aceh melakukan pengawasan kepada setiap penumpang Internasional/domestik, Haji dan Umrah yang baru tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Aceh Besar.

Upaya tersebut dilakukan kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman pandemi virus tersebut untuk dapat melakukan mitigasi dampak dan pengendalian darurat.

Program ini dilakukan pihak KKP Banda Aceh bekerjasama dengan Angkasa Pura II Bandara SIM, Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, RSUD dr. Zainoel Abidin Aceh dan Balai Litbangkes Aceh.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Banda Aceh, dr.Ziad Batubara, MPH, mengatakan, pengawasan tersebut merupakan implementasi dari Surat Edaran Dirjen P2P Nomor : HK.02.03/C/1800/2023, tentang penerapan Site Surveilans ILI-SARI, Covid-19 dan Laboratotium Rujukan Pemeriksaannya.

“Pengawasan ini dilakukan sebagai implementasi Surveilans Influenza Like Illness (ILI)- Severe Acute Respiratory Infection (SARI) di Bandara SIM. Kami berharap lewat pengawasan ketat ini, penyakit menular dari luar negeri sejak dini sudah terdeteksi dan langsung kita antisipasi,” kata Ziad Batubara, Rabu (4/10/2023)


dr. Ziad menjelaskan, Site Surveilans ILI-SARI membantu dalam deteksi dini penyakit menular, seperti flu atau penyakit pernapasan akut yang serius seperti COVID-19. Dengan mengidentifikasi kasus-kasus ini di pintu masuk negara, langkah-langkah pengendalian dapat segera diambil untuk mencegah penyebaran lebih lanjut.

“Ketika kasus ILI-SARI terdeteksi di pintu masuk, langkah-langkah pencegahan seperti isolasi kasus, karantina, dan pelacakan kontak dapat segera dilakukan. Hal ini membantu mencegah penyebaran penyakit di dalam negara,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa penyebaran penyakit menular tidak mengenal Batasan. Oleh sebabnya penyakit yang terdeteksi di satu negara dapat dengan cepat menyebar ke negara lain jika tidak diatasi dengan cepat.

“Oleh karena itu, penting bagi kita untuk bekerja sama dalam surveilans dan respons terhadap penyakit-penyakit tersebut,” kata dr. Ziad Batubara yang turut didampingi oleh Ka Adum Yusri, SKM, M.Kes, Koor Subs KLW dr Koestendrina Marina Dewi, MKM dan Koor Subs PKSE Safrizal, SKM, MKM.

Lebih lanjut, kata dr.Ziad, penentuan kasus pada ILI-SARI pada penumpang di Bandara SIM didasarkan pada gejala infeksi saluran pernapasan. Dimana ILI, memiliki gejala demam dengan suhu ≥ 38oC saat pemeriksaan dengan thermal scanner di terminal kedatangan dan batuk tidak boleh lebih dari 10 hari.

Kasus ILI dan SARI tersebut diambil spesimen swab untuk dikirimkan ke Litbangkes Aceh dan data tersebut dilaporkan ke Dinas Kesehatan Provinsi Aceh melalui Sistem Keswaspadaan Dini dan Respon (SKDR) untuk dilakukan pemantauan/pemeriksaan lebih lanjut.

“Alhamdulillah dari hasil pemeriksaan oleh KKP Kelas II Banda Aceh terhadap penumpang yang datang di Bandara SIM, sampai sekarang belum ditemukan adanya penyakit menular baru, semoga situasi ini dapat terus terjaga. Namun, kami tetap mengingatkan kepada seluruh penumpang dan staf bandara untuk tetap waspada dan patuhi protokol kesehatan yang berlaku. Kesehatan kita bersama adalah prioritas utama. Terima kasih atas kerjasama semua pihak dalam menjaga kesehatan masyarakat.” ujarnya.


LKjIP Tahun 2022

LKjIP Tahun 2021

LKjIP Tahun 2020

LKjIP TAHUN 2019

LKJiP Tahun 2018

LAPORAN TAHUNAN 2022

LAPORAN TAHUNAN 2020

LAPORAN TAHUNAN 2019

LAPORAN TAHUNAN 2018

Profil 2022

PROFIL 2020

PROFIL 2019

PROFIL 2018

PK Tahun 2022

PK Tahun 2021

PK Tahun 2020

PK Tahun 2019

PK Tahun 2018

Rencana Aksi Kegiatan

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengaduan Online

Wistle Blowing System

Tentang Kami

Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas II Banda Aceh merupakan Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kementerian Kesehatan yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Ditjen P2P) yang mempunyai tugas melaksanakan pencegahan masuk dan keluarnya penyakit

Hero of the Month Triwulan IV 2023

Layanan Sinkarkes

SEULAWAH (SURVEILANS EPIDEMIOLOGI KLB/WABAH)

Penyakit Potensial Wabah/KKM yang Ditemukan di KKP Kelas II Banda Aceh

Kunjungan Luar Negeri di PoE KKP Banda Aceh

Indeks Kepuasan Masyarakat

Indeks Kepuasan Masyarakat

Aspirasi dan Pengaduan

Pendaftaran Layanan Vaksinasi Meningitis

Alur Vaksinasi Covid-19

WBS Kementerian Kesehatan

PATUHI PROTKES COVID-19

PATUHI PROTKES COVID-19

WASPADA PENYEBARAN COVID-19

WASPADA PENYEBARAN COVID-19

Pelayanan Vaksinasi Covid-19

Tolak Gratifikasi

Find Us On Facebook

Find Us On Instagram

Alamat Kantor

Statistik Website

banner