Sosialisasi Deteksi Dini HIV di pelabuhan laut Meulaboh, Selasa (9/2/2017)

Sosialisasi dan Mobile VCT HIV AIDS Di Wilayah Kerja Pelabuhan Laut Meulaboh


Sebagai upaya membantu program pemerintah dalam rangka menekan laju penularan HIV (Human Immunodeficiency Virus) AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) di Provinsi Aceh, khususnya pada wilayah kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Banda Aceh beberapa waktu lalu menggelar Penyuluhan dan Mobile VCT deteksi dini HIV/AIDS di Pelabuhan Laut Meulaboh pada tanggal 09 Februari 2017.

Plt. Kepala Seksi Pengendalian Resiko Lingkungan dan Keseshatan Lintas Wilayah disela-sela penyuluhan menyampaikan, bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh KKP Kelas III Banda Aceh wilayah kerja pelabuhan laut Meulaboh tersebut bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Aceh Barat, memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan secara dini kepada Masyarakat Pelabuhan, Pegawai/pekerja di pelabuhan, serta Anak Buah Kapal (ABK) dan tenaga Kerja Bngkar Muat (TKBM) tentang cara penularan dan akibat dari HIV/AIDS.

Peserta Sosialisasi Deteksi Dini HIV/AIDS di pelabuhan laut Meulaboh, Selasa (9/2/2017)

Tidak hanya menggelar sosialisasi atau penyuluhan, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pemeriksaan darah Skrining Test HIV bagi seluruh Masyarakat Pelabuhan, Pegawai/pekerja di pelabuhan, serta Anak Buah Kapal (ABK) dan tenaga Kerja Bngkar Muat (TKBM), dengan tujuan jika saja ada yang tertular HIV/AIDS dapat dideteksi secara dini dan diberikan pengobatan.

Partisipasi masyarakat dan pekerja di pelabuhan meulaboh pun cukup besar dalam kegiatan ini. Ada sekitar lebih dari 60 orang yang melakukan tes HIV/AIDS.

Program pemeriksaannya pun bisa dilakukan dengan waktu yang singkat namun tetap sesuai dengan prosedur kesehatan yang ada. Dimulai dengan mengisi form, melakukan tes darah, kemudian setelah hasilnya diperoleh, maka selanjutnya peserta melakukan konsultasi bersama dokter yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Masyarakat maupun pekerja mengkuti tes HIV/AIDS di pelabuhan laut Meulaboh, Selasa (9/2/2017) 

Terkait proses pengetesan tersebut, dokter dari Kantor Kesehatan Pelabuhan mengungkapkan bahwa sejauh ini hasil yang diperoleh dari peserta tes adalah negatif. Namun, jika ada yang positif, maka akan dibantu oleh Dokter dan tim untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dan memberikan penanganan mengenai HIV/AIDS tersebut.

Kegiatan ini merupakan langkah dari tupoksi KKP Kelas III Banda Aceh dalam hal Cegah dan Tangkal Penyakit serta melakukan pembinaan / edukasi kepada masyarakat khususnya pada pintu masuk Negara yaitu pelabuhan / bandara.

Petugas Melakukan Tes Darah Pada Peserta Skrining HIV di Pelabuhan Laut Meulaboh

Mengingat pentingnya deteksi dini HIV bagi masyarakat dalam menekan angka penyebaran dan kasus HIV, Rencananya kegiatan tersebut akan dilakukan sebulan sekali, di lokasi yang berbeda-beda, namun masih di sekitar lingkup pelabuhan/bandara. Selain tes HIV/AIDS, petugas juga memberikan layanan tes gula darah dan tidak dipungut biaya alias gratis.


Hasil Tes HIV/AIDS Menggunakan Rapid Test / Tes Cepat

Foto Bersama Masyarakat dan Lintas Sektor Pada Saat Mengkuti Sosualisasi dan Deteksi Dini HIV/AIDS di pelabuhan laut Meulaboh, Selasa (9/2/2017)


LKjIP Tahun 2022

LKjIP Tahun 2021

LKjIP Tahun 2020

LKjIP TAHUN 2019

LKJiP Tahun 2018

LAPORAN TAHUNAN 2022

LAPORAN TAHUNAN 2020

LAPORAN TAHUNAN 2019

LAPORAN TAHUNAN 2018

Profil 2022

PROFIL 2020

PROFIL 2019

PROFIL 2018

PK Tahun 2022

PK Tahun 2021

PK Tahun 2020

PK Tahun 2019

PK Tahun 2018

Rencana Aksi Kegiatan

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengaduan Online

Wistle Blowing System

Tentang Kami

Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas II Banda Aceh merupakan Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kementerian Kesehatan yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Ditjen P2P) yang mempunyai tugas melaksanakan pencegahan masuk dan keluarnya penyakit

Hero of the Month Triwulan IV 2023

Layanan Sinkarkes

SEULAWAH (SURVEILANS EPIDEMIOLOGI KLB/WABAH)

Penyakit Potensial Wabah/KKM yang Ditemukan di KKP Kelas II Banda Aceh

Kunjungan Luar Negeri di PoE KKP Banda Aceh

Indeks Kepuasan Masyarakat

Indeks Kepuasan Masyarakat

Aspirasi dan Pengaduan

Pendaftaran Layanan Vaksinasi Meningitis

Alur Vaksinasi Covid-19

WBS Kementerian Kesehatan

PATUHI PROTKES COVID-19

PATUHI PROTKES COVID-19

WASPADA PENYEBARAN COVID-19

WASPADA PENYEBARAN COVID-19

Pelayanan Vaksinasi Covid-19

Tolak Gratifikasi

Find Us On Facebook

Find Us On Instagram

Alamat Kantor

Statistik Website

banner