Pelaksanaan kegiatan pemeriksaan air bersih bertujuan untuk mengetahui dan mencegah terjadinya penularan penyakit melalui air yang dikonsumsi oleh masyarakat pelabuhan/bandara/lintas batas darat, pada alat angkut maupun pada situasi matra seperti pada saat pelaksanaan embarkasi/debarkasi dan bencana.

Kegiatan pemeriksaan air bersih yang dilakukan meliputi kegiatan pemeriksaan fisik air bersih, kimia dan bakteriologisnya. Syarat-syarat serta kategori baik atau tidaknya suatu air merujuk pada regulasi Permenkes 416 Tahun 1990. Data hasil pemeriksaan air bersih dapat dilihat pada grafik berikut :

Grafik  Distribusi Pemeriksaan Kualitas Air Bersih
 Berdasarkan Wilker KKP Kelas III Banda Aceh Tahun 2014


Berdasarkan grafik  dapat dilihat bahwa seluruh wilayah kerja KKP Kelas III Banda Aceh telah melakukan pemeriksaan kualitas air bersih diwilayah pelabuhan/bandara yang menjadi area pengawasan, baik itu yang dilakukan secara berkala ataupun rutin. Pemeriksaan kualitas fisik air bersih diseluruh wilker KKP Kelas III Banda Aceh serta untuk kegiatan haji (Asrama haji dan SMKN3 Banda Aceh) ada sebanyak 164 sampel dengan kategori baik (memenuhi syarat kesehatan) sebanyak 163 dan 1 sampel dengan kategori tidak baik, sedangkan untuk pemeriksaan kualitas kimia ada sebanyak 135 sampel dengan kategori baik/memenuhi syarat  sebanyak 125 sampel dan yang tidak baik sebanyak 10 sampel dan untuk kualitas bakteriologis dilakukan pemeriksaan pada saaat kegiatan haji serta saat uji petik di sarana PAB yang ada di 4 wilker lainnya. Pemeriksaan bakteriologis dilakukan di laboratorium rujukan dengan jumlah total sampel yang diperiksa ada sebanyak 7 sampel dan 3 sampel yang diperiksa tidak memenuhi syarat kesehatan karena mengandung bakteri coliform.

Semua sampel yang diperiksa baik itu yang memenuhi syarat ataupun yang tidak memenuhi syarat telah didiseminasi disertai rekomendasi perbaikan ke stakeholder terkait untuk dijadikan dasar dalam hal peningkatan kualias air di masing-masing lokasi sehingga segala factor risiko water borne disease dapat diminimalisir.

LKjIP Tahun 2022

LKjIP Tahun 2021

LKjIP Tahun 2020

LKjIP TAHUN 2019

LKJiP Tahun 2018

LAPORAN TAHUNAN 2022

LAPORAN TAHUNAN 2020

LAPORAN TAHUNAN 2019

LAPORAN TAHUNAN 2018

Profil 2022

PROFIL 2020

PROFIL 2019

PROFIL 2018

PK Tahun 2022

PK Tahun 2021

PK Tahun 2020

PK Tahun 2019

PK Tahun 2018

Rencana Aksi Kegiatan

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengaduan Online

Wistle Blowing System

Tentang Kami

Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas II Banda Aceh merupakan Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kementerian Kesehatan yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Ditjen P2P) yang mempunyai tugas melaksanakan pencegahan masuk dan keluarnya penyakit

Hero of the Month Triwulan IV 2023

Layanan Sinkarkes

SEULAWAH (SURVEILANS EPIDEMIOLOGI KLB/WABAH)

Penyakit Potensial Wabah/KKM yang Ditemukan di KKP Kelas II Banda Aceh

Kunjungan Luar Negeri di PoE KKP Banda Aceh

Indeks Kepuasan Masyarakat

Indeks Kepuasan Masyarakat

Aspirasi dan Pengaduan

Pendaftaran Layanan Vaksinasi Meningitis

Alur Vaksinasi Covid-19

WBS Kementerian Kesehatan

PATUHI PROTKES COVID-19

PATUHI PROTKES COVID-19

WASPADA PENYEBARAN COVID-19

WASPADA PENYEBARAN COVID-19

Pelayanan Vaksinasi Covid-19

Tolak Gratifikasi

Find Us On Facebook

Find Us On Instagram

Alamat Kantor

Statistik Website

banner